Selasa, 28 Mei 2024

BAKTI MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN (BMTP) 2024 (DAY 2)

 

BAKTI MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN (BMTP) 2024

Himpunan Mahasiswa Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan 

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang (HMD KTP FIP UNP)

HARI KEDUA

Sabtu, 11 November 2024 – Kegiatan BMTP (Bakti Mahasiswa Teknologi Pendidikan) masih berlangsung. Rangkaian kegiatan pada hari kedua dimulai dari sholat subuh dan kultum bersama, senam bersama, sarapan pagi, persiapan pergi pengabdian masyarakat, bakti mahasiswa, pelatihan canva, persiapan pulang keperkemahan,ishoma,  buku hijau,ice breaking (tes yel-yel dan jargon peserta) outbond dari panitia,sholat ashar, outbound,ishoma, pentas seni, sidang,dan acara api unggun.Kegiatan BMTP hari kedua dimulai pada pukul 04.00 subuh WIB sampai jam 01.00 pagi, Dalam rangkaian kegiatan terdapat istirahat bagi panitia dan peserta. Lokasi pelaksanaannya masih sama pada hari pertama, tepatnya di Kampung bendang,Nagari Sungai Sariak. Padang Pariaman.

Terdapat beberapa kegiatan pada hari kedua, yang menjadi pembeda pada kegiatan hari pertama. Pertama, kegiatan pengabdian kepada masyarakat, kegiatan ini dibagi menjadi 2 kegiatan yaitu yang pertama di SD kegiatannya pelatihan canva yang menggunakan aplikasi Canva,  jadi pada pengabdian di SD  peserta BMTP bertugas sebagai panitia dalam pelaksanaan pelatihan tersebut. Dan untuk yang kedua di masyarakat kegiataannya yaitu peserta BMTP membersihkan lingkungan sekitar. Tujuan dilaksanakannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah agar peserta BMTP dapat berbaur dengan masyarakat sekitar serta menambah pengalaman yang tentunya tidak didapat di perkuliahan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berlangsung pada pukul 08.00 pagi WIB – 11.30 siang WIB.

Kedua, pengumpulan buku hijau peserta BMTP. Buku hijau adalah sebuah buku yang berisi data dan tanda tangan senior dan alumni TP. Buku hijau ini merupakan sarana bagi mahasiswa baru untuk dapat kenal lebih dekat dengan senior dan juga alumni TP. Kegiatan pengumpulan buku hijau peserta BMTP ini berlangsung pada pukul 13.30 WIB – 14.30 siang WIB

Ketiga, kegiatan outbound yang merupakan kegiatan paling menyenangkan di BMTP. Pada kegiatan Outbound terdapat 3 permainan yaitu Naga balon,Sarung berantai,dan Sarung air.Tujuan dari kegiatan outbond adalah untuk melatih kekompakan antara peserta dan panitia. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 16.31 WIB – 18.00 WIB.

Keempat, kegiatan pentas seni. Kegiatan pentas seni bertujuan untuk menampilkan bakat para peserta, meningkatkan rasa percaya diri peserta untuk tampil di depan, serta melatih kekompakan dan kerjasama peserta dalam mempersiapkan pertunjukan yang akan ditampilkan pada pentas seni. Pelaksanaan pertunjukan seni dimulai pukul 20.01 WIB – 22.00 malam WIB.

Terakhir, kegiatan api unggun, pada kegiatan ini dibacakan Sumpah Tri Dharma Perguruan Tinggi.  Kegiatan ini tidak hanya dihadiri oleh peserta dan panitia saja, namun kegiatan ini diikuti oleh para pionir TP dan alumni TP. Pada kegiatan api unggun tersebut, seluruh masyarakat yang ikut menyanyikan lagu Mars TP sambil mengelilingi api unggun. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 23.31 WIB – 01.00 WIB. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjalin silaturahmi antara peserta dengan pionir, senior dan alumni TP. Selain itu juga menjalin keakraban satu sama lain antar peserta.

 

 

(Gambar 2.1)  Foto bersama majelis guru setelah mengadakan pelatihan membuat media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Canva

 

 

Gambar 2.2) Peserta BMTP dalam kegiatan pengabdian masyarakat

(Gambar 2.3) Pelatihan membuat media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Canva

(Gambar 2.5) Penampilan minat dan bakat para peserta BMTP melalui kegiatan pentas seni

(Gambar 2.6) Kegiatan Api unggun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar