Kamis, 28 Desember 2023

Training Dasar Organisasi (TDO) HMD KTP

Setiap perguruan tinggi memiliki program dan kegiatan kemahasiswaan yang biasa disebut ektrakurikuler, salah satunya adalah bidang organisasi. Organisasi merupakan salah satu wadah untuk pengembangan diri mahasiswa kearah perluasan wawasan, peningkatan kecendikiawan, dan pengembangan integritas kepribadian yang mantap, sehingga mahasiswa memiliki sikap yang kritis, kreatif, dan mampu bekerjasama. Melalui wadah organisasi ini mahasiswa dapat belajar mengembangkan keterampilan berkomunikasi, mengembangkan jiwa kepemimpinan (belajar memimpin dan dipimpin) mengembangkan daya nalar, kreatifitas, tanggung jawab, dan kemandirian. Sehubungan dengan itu maka perlu diadakannya kegiatan–kegiatan yang dapat mengembangkan sikap dan perilaku yang kritis, kreatif, dan mampu bekerjasama yang dirangkum dalam “Training Dasar Organisasi (TDO) Angkatan 2022”. Adapun tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk membentuk pribadi yang berkualitas, yang memiliki sikap kepedulian, dan profesionalitas agar dapat menjalankan fungsi organisasi dengan baik dan benar.

Minggu, 17 September 2023 Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Kurikulum dan Teknologi Pendidikan (KTP) melaksanakan kegiatan Training Dasar Organisasi yang bertemakan “Membangun Kepemimpinan Beyond Excellent yang Mampu Menata Potensi Diri Demi Menerangi Jalan Menuju Keunggulan Organisasi”. Kegiatan ini berlangsung selama satu hari, yang diikuti oleh seluruh mahasiswa jurusan KTP FIP UNP angkatan 2022 yang berlokasi pada 2 tempat yaitu di Ruangan 403 & 404 FIP UNP dan Pantai Ujung Batu, Padang. Acara pembukaan dimulai dari jam 08.00-10.25 WIB dan dibuka secara resmi oleh Dekan FIP UNP yaitu Bapak Prof. Dr. Afdal, M.Pd., Kons.  

Kemudian dilanjutkan ke acara pertama pada jam 10.35-11.20 WIB, acara pertama ini merupakan penyampaian materi tentang “Organisasi dan Kepemimpinan” yang disampaikan oleh Bapak Anggi Pradana Wiranata, S.Si, beliau merupakan mantap aktivis kampus Universitas Negeri Padang. Peserta sangat antusias mendengarkan materi yang disampaikan beliau dan juga ada beberapa mahasiswa yang bertanya terkait materi yang disampaikan. Sekitar pukul 12.20 WIB kegiatan pertama telah selesai yang akan dilanjutkan dengan Istirahat Sholat dan Makan sampai pukul 13.00 WIB. Pada pukul 13.01 WIB pengumpulan peserta dan Perjalanan Menuju Lokasi 2, dilanjutkan dengan sharing session, ice breaking, outbond (terdiri dari 3 cabang perlombaan yaitu lomba tarik tambang, estafet  tepung, dan ular naga) dan penutupan pada jam 17.00 WIB. 



Divisi Kajian Ilmiah dan Publikasi



Dokumentasi Training Dasar Organisasi (TDO)


Kegiatan Pertama (Indoor)




Outbound (outdoor)




            

   

Dokumentasi Panitia

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar